Selasa, 02 Januari 2018

Tutorial Arduino Running text

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
     Halo,temen-temen sahabat elektronika perkenalkan nama saya Totok Sugiyanto, Saya ingin berbagi pengalaman saya tentang Tutorial Arduino Running text atau bisa disebut kalimat berjalan.Mudah-mudahan postingan saya ini bisa membantu temen-temen sahabat elektronika yang lagi belajar tentang Arduino.Arduino adalah sarana untuk belajar pengenalan tentang dasar pemrograman robot yang mana bisa diatur dan diubah sesuai keinginan kita untuk menjalankan program robot.Untuk Tutorial Arduino Running text ini yang harus kita siapkan komponennya adalah sebagai berikut :

1. Arduino
2. Breadbord
3. Lcd 16x2
4. Kabel Jumper
5. Potensiometer 10K Ohm
6. Kabel Usb

      Setelah semuanya tersedia kita bisa merangkainya seperti gambar dibawah ini.
Keteangan :
- Pin VSS LCD dihubungkan pada potensiometer 10 K Ohm dan dihubungkan ke ground
- Pin VDD LCD dihubungkan pada potensiometer 10 K ohm dan dihubungkan ke tegangan 5V
- Pin VO LCD dihubungkan pada kaki tengah potensiometer 10K Ohm.
- Pin RS LCD dihubungkan pada pin 12 Arduino
- Pin RW LCD dihubungkan  pada tegangan ground
- Pin E LCD dihubungkan pada pin 11 Arduino
- Pin D4 LCD dihubungkan pada pin 6 Arduino
- Pin D5 LCD dihubungkan pada pin 5 Arduino
- Pin D6 LCD dihubungkan pada pin 4 Arduino
- Pin D7 LCD dihubungkan pada pin 3 Arduino 
 
Setelah semua komponen dirangkai seperti gambar diatas temen2 bisa memasukkan programnya.
berikut bahasa program running text :

 #include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(7,6,2,3,4,5);

void setup()
{
  // put your setup code here,to run once;
  lcd.begin(16,2);
  lcd.setCursor(0,0);
  lcd.print("Coba Prog LCD");
  lcd.setCursor(2,1);
  lcd.print("STTAL DIII-XI");
  delay(1500);
}

void loop()
{
  // put your setup code here,to run once;
  lcd.begin(16,2);
  lcd.setCursor(0,0);
  lcd.print("mata kuliah");
  lcd.setCursor(2,1);
  lcd.print("Peranc.Minsys");
  delay(1500);
}
 
Setelah kita ketik program diatas ,selanjutnya klik verify stelah itu klik Upload.Temen2 juga bisa melihat Tutorial Arduino Running Text di chanel youtube saya totocsp tutorials


Terima kasih temen2 telah melihat bloger saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial Arduino mengontrol putaran motor servo dengan potensiometer

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh      Halo,temen-temen sahabat elektronika perkenalkan nama saya Totok Sugiyanto, Saya ing...